Silahkan tanya ..!!

Flash

Friday 1 January 2010

KONTRIBUSI KOPERASI TERHADAP PERTUMBUHAN UMKM

KONTRIBUSI KOPERASI TERHADAP
PERTUMBUHAN UMKM



Kita tahu bahwa, Negara Indonesia adalah Negara yang sedang berkembang. Hal ini dapat dilihat dari begitu banyak Usaha Micro, Kecil dan Menengah(UMKM) yang ada dan berdiri di Negara Indonesia. Adapun pemberdayaan dari UMKM itu sendiri diarah kan untuk mendukung penciptaan kesempatan kerja serta menumbuhkan jiwa wirausahawan. Dengan terciptanya UMKM yang berkuantitas dan berkualitas, bukan tidak mungkin Sistem Perekonomian Indonesia akan tetap stabil dalam jangka tertentu. Mungkin ada sebagian atau beberapa orang yang takut untuk terjun kedalam bisnis UMKM . Hal ini tidak bisa kita pungkiri. Mungkin kurangnya informasi tentang modal dan sumber pinjaman dapat dijadikan alasan, terlebih untuk masyarakat menengah ke bawah dan masyrakat pedalaman. Pendapat ini harus kita luruskan. Negara kita sendiri telah memberikan kemudahan dalam peminjaman dana . Ini dapat kita lihat dari begitu banyaknya sumber-sumber pinjaman (seperti Bank, Lembaga Keuangan Bukan Bank, serta Koperasi)yang mau memberikan pinjaman untuk berbagai jenis usaha, baik usaha Macro maupun usaha Micro.
Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya pada umumnya, dan masyrakat pada khususnya. Secara garis besar, koperasi sangat penting dalam Pembangunan. Pemerintah sendiri sudah banyak memberikan jalan dalam pertumbuhan UMKM. Bisa kita lihat begitu banyak koperasi yang didiirikan, bahkan di Pedesaan sekalipun (KUD). Jadi, intinya koperasi sangat membantu dalam pertumbuhan UMKM, terutama dalam bidang peminjaman dana.
Pemerintah kita sendiri sangat mendukung dan peduli terhadap masalah UMKM ini. Buktinya Pemerintah menaikkan anggaran APBN dalam hal koperasi. Dengan menaikkan anggaran tersebut, diharapkan pertumbuhan UMKM di Indonesia ini semakin baik, sehingga angka kemiskinan di Negara kita ini semakin berkurang. Nah, sekarang kembali pada individu masyrakat ,bagaimana agar usahanya menjadi maju dan siap bersaing di pasar.
Di Indonesia sendiri, perkembangan UMKM sudah cukup baik. Kita bisa melihat adanya kerja sama antara UMKM dan koperasi yang menghasilkan produk-produknya yang berkualitas dan siap bersaing di pasar bahkan di dunia International (seperti usaha pengrajin batik, ukiran/ pahatan, dan lain-lain). Dengan adanya perkembangan UMKM di Negara kita ini, berarti setidaknya tujuan negara Indonesia “mensejaterahkan kehidupan rakyat” telah dan cukup tercapai. Karena UMKM sendiri sangat memberikan peluang kesempatan kerja kepada setiap orang maupun memberikan kesempatan untuk berprofesi sebagai wirausahawan.

So…., Jangan pernah takut untuk terjun kedalam bisnis UMKM. Karena dengan berpartisipasi dan terlibat dalam kegiatan UMKM, berarti kita telah meringankan beban Pemerintah untuk mengurangi angka kemiskinan serta memajukan pertumbuhan Perekonomian Negara kita yang tercinta ini yakni INDONESIA.

0 komentar:

Post a Comment

Followers