Silahkan tanya ..!!

Flash

Sunday 28 February 2010

Mata Berwarna-Warni Bak Pelangi



Mata Berwarna-Warni Bak Pelangi

Pada tulisan sebelumnya saya sudah menjelaskan banyak sedikitnya tentang mengapa warna mata anda bias menjadi biru, cokelat, hijau, dan lain-lain. Apakah anda sudah tau kelainan seperti apa mata tersebut ?? Mungkin orang banyak berfikir ini adalah hasil rekayasa pemroses gambar sperti sotosop…
Hhe..
J maksudnya photoshop . Atau anda berfikir kalau ini sejenis lensa kontak berwarna yang digunakan agar mata lebih cantik. Buat anda yang menganggap ini bo’ongan jangan bersenang hati. Warna mata yang sperti ini emank ada. Secara tidak sengaja saya melakukan pencarian di google search engine . Dan ketemulah gambar tersebut. . Jujur ini baru pertama kalinya saya melihat warna mata yang seperti diatas. Percaya atau tidak ini adalah kelainan pada mata, yang lebih kita kenal dengan nama Heterochromia. Mata ini memiliki pupil yang berwarna-warni bagaikan bak pelangi.
Nah, untuk lebih jelasnya saya akan mencoba menerangkan penyebab dari kelaina mata (heterokromia) dengan bahasa saya sendiri. Hhe J
Heterochromia berasal dari kata hetero (banyak) dan chrome (spektrum/warna). Ini sebenarnya adalah penyakit yang menyebabkan perbedaan pada warna mata, kulit atau rambut. pada mata, kelainan ini disebut heterochromia iridium.
Heterochromia ini disebabkan oleh berubahnya jumlah melanin (pigmen) yang menyebabkan warna sesuatu dapat berubah. Jika pigmen menjadi lebih banyak maka bisa disebut hyperpigmented (menyebabkan hyperchromic) dan lebih sedikit, hypopigmented (hypochromic). Kelainan ini juga bisa ber efek keseluruhan, atau hanya sebagian.
Pada kulit dan rambut, kelainan ini jarang terjadi, pada mata pun lebih banyak terjadi pada hewan. tetapi ada banyak orang terkenal yang menderita kelainan ini. Berdasarkan pencarian saya di google, berikut adalah contohnya : Alexander the Great, Anastasius I of the Byzantine Empire, Dan Aykroyd , Kate Bosworth, David Bowie, Michael Flatley, Louis Émile Javal, dan masih banyak lagi …
Ngemeng2 ada yg kenal ngga mah orang yg saya sebutkan tadi ?? heheheheheh

Kelainan ini diantaranya disebabkan oleh pendarahan pada mata, keturunan, glaucoma, dan lain-lain. dan ada satu fakta unik disini, bahwa kebanyakan kucing yang berbulu putih total, biasanya menderita heterochromia! begitu juga pada anjing siberian husky!
Sebenarnya kelainan mata seperti ini lebih banyak diderita oleh hewan ketimbang manusia.



Berikut ini adalah contoh gambar hewan yg mengalami


heterochromia iridium :





Dibawah ini juga adalah contoh manusia yang mengalami

heterochromia iridium :









2 komentar:

:c: salm kenal yah....

Ngemeng2 ada yg kenal ngga mah orang yg saya sebutkan tadi ?
jawab : Tidak hmmm

wah manfaatnya bnyk baca artikel yg ini nih... aku baru tahu juga Loh thankiyue atas artikelnya ...... :wow

masama ....
lam knaall jugaaa :c:
orang yg mana !!??

thnx y :b:

Post a Comment

Followers