Silahkan tanya ..!!

Flash

Sunday 4 April 2010

Pemaaf ..?? Kenapa tidak dicoba ..!!!

Pemaaf ..??
Bukan sesuatu kegiatan atau pekerjaan yang mudah untuk menjadi seorang pemaaf. Pemaaf adalah suatu kata yang mudah di ucapkan tapi susah di-implementasikan.
Pemaaf disini Saya definisikan adalah sebutan bagi orang-orang  yang mudah sekali memaafkan kesalahan orang lain baik itu yang disengaja ataupun tidak disengaja, sadar atau tidak sadar, besar atau kecil.  Siakap pemaaf ini juga sering  disejajarkan dengan sifat-sifat manusia yang lain seperti, penyabar, penyayang, pengasih dan lain-lain.

Seorang pemaaf tidak akan memilah-milah kesalahan-kesalahan mana saja yang pantas dimaafkan dan kesalahan-kesalahan mana saja yang tidak pantas untuk dimaafkan. Secara arif / bijaksana dia akan memaafkan semua kesalahan-kesalahan orang lain kepada dirinya tanpa syarat atau tanpa melihat seberapa pentingnya atau berperannya seseorang terhadap dirinya. ( Misalnya : karena dia adalah pacar, atau temennya pacar, dan bla..blaa...blaa.., lalu dengan mudah untuk memaafkannya).

Seperti sifat-sifat manusia yang lain, sifat pemaaf yang dimiliki manusia tidak datang secara sendirinya. Walaupun sifat dasar manusia itu sebenarnya adalah seorang pemaaf.

Hendaknya sikap pemaaf itu tumbuh dari usia dini. Dalam situasi seperti ini yang sangat berperan adalah "Peran dari Ortu"Agar sifat pemaaf tumbuh dalam diri seseorang maka sifat itu haruslah di-latih secara rutin dan terus menerus. Salah satunya adalah dengan latihan dan mempraktekan "pemaaf" itu dalam kehidupan sehari-hari. Karena dengan demikian "pemaaf" akan menjadi suatu kebiasaan bagi diri seseorang dan memaafkan adalah bukan sesuatu yang aneh dalam hidupnya.
Mungkin kita juga sering mendengarkan nasehat-nasehat dari orang tua  atau orang yang lebih dewasa dari kita. Nasehatnya sih simple, "apabila ingin menjadi pemaaf makan ingatlah dua perkara dan lupakanlah dua perkara." Apakah anda tau dua perkara tersebut ..?? 

Yah benar, yang pertama yaitu "ingat-ingatlah kebaikan orang lain dan lupakanlah kebaikan kita kepada orang lain."
yang kedua yaitu "ingat-ingatlah keburukan kita kepada orang lain dan lupakanlah keburukan orang lain kepada kita."

Bila dua perkara ini sudah menjadi bagian dari sikap kita dalam pergaulan sehari-hari,  maka mudah-mudahan kita akan tumbuh menjadi insan yang pemaaf. 

Selamat membaca yah..
Semoga berguna ..!!
^_^

9 komentar:

saling memberi maaf jangan hanya lebaran saja,,nice post sob..

btw soal smiley laah ini udah ada icon nya,gw coba yak...hehe :d:

ia sob ...
ada sih ada, tapi gambar na kagak muncul...
yg muncul di post comment hanya kode smilley na saja ....

test smilley baru ahh .... :D

Sebelum anda mengestimate pribadi anda sendiri ...
Mari layak na kita bercermin diri ..!!!
apakah kita dapat dikatakan sebagai insan yang pemaaf atau tidak.
Saya sendiri tidak berani mengklaim bahwa diri saya adalah seorang Pemaaf ..

Hhe
:thx

@ilskai : dilaraang bokker di sini ..
pergi jau2 ..!!
huuss..husss.. :-J

orng yg pemaaf,,orng yg hati nya besar...

@tachometer : iya betuull sob :)

Post a Comment

Followers