Silahkan tanya ..!!

Flash

Sunday 15 January 2012

Sederhana itu Ternyata Kadang/ Tidak Sederhana

Banyak orang merasa "risih" dengan hal-hal yang sederhana. Simplifikasi atau "penyederhanaan" dianggap sebagai pendangkalan dan pemangkasan kekayaan nuansa suatu fenomena. Ini pantangan keras bagi para cerdik cendekia. Sebab suatu yang "ilmiah" adalah bila yang "sederhana" bisa dibuat menjadi "tidak sederhana".


"Penyederhanaan masalah" cuma pantas dilakukan oleh "orang-orang sederhana". Yakni orang-orang yang berpendidikan rendah (alias"bodoh"), dan yang penampilannya pun "sederhana". "Sederhana" yang ini artinya tidak "modis", jauh dari dunia gemerlapan, tidak mengikuti selera zaman. Mereka begitu, karena terpaksa begitu. Dan terpaksa begitu, karena kemampuan mereka ya memang cuma sampai disitu. Bila ada yang "mampu" tapi toh berpenampilan "begitu" seperti Bob Sadino, si [emilik Kem Chick itu, misalnya ini namanya "nyentrik". Tidak umum.

"Kesederhanaan" karenanya cuma indah di tingkat penuturan, dan mungkin mengagumkan sebagai tontonan. Tapi untuk diterapkan ke diri sendiri ? Wah umumnya ini bila sangat terpaksa. Mode mutakhir yang menonjolkan penampilan "sederhana" biar "selebor" asal nyaman atau "comfi" ternyata sama sekali tidak murah dan sederhana. Sebuah celana jean yang warnanya "belang blentong", lututnya sobek, dan ujung-ujungnya seakan-akan lupa dijahit, harganya bisa ratusan ribu rupiah. Begitu pula kemeja "butut" yang tidak pernah bisa licin disetrika, atau kaos oblong buntung yang "pletat-pletot" bentuknya. Percaya atau tidak, yang mampu mengenakan ini, bukanlah "orang-orang sederhana".

*****

12 komentar:

hehehe iya siapa sangka pak bob sadino itu
yang tidak tahu beliau pasti tidak sampek mengira

iya sob ....
hehehehe
thnks ya sudah berkunjung di blog saya :D

hahahaaa,, benar banget,, sederhana itu kadang tidak mudah,,
tulisan lw juga bagus ben,, berbau ilmiah gt,,. ahaha
like this, lanjutkan,,

Saya pernah melihat Bob Sadino, tip/nasehat yang dikatakan olehnya seakan-akan begitu sederhana dan gampang. Dan memang gampang (bagi yang kuat menjalaninya) :D

@maya : iya may ...
masa sih may ??
makasih ya
hehehehe

@deretan kata : wah, saya belum pernah melihat beliau secara langsung sob ...
kira2 saya kuat ga ya ngejalaninya ??
hha

bener bangets sob bener bangets

ia ben bener,, baguus juga,,
tp tetap masih bagusan gw,, :p

@yisha : iya sob...
trnyata sederhana itu tidak mudah
terkadang hanya orang-orang yang kuat/ terpaksa yang bisa ngejalani hidup sederhana itu.

@maya : iya may gw kauin koq
masih bagusan lu kalo seni tulisannya
hahaha

akhiiirnya lw ngakuin juga,,, hahhaaa
gw nggak paksa lw muji gw ya,,hahhaha

wkwkwkkwkkw :D
iya aja dah may
biar lu seneng
ckckkkcc

Post a Comment

Followers